NASA Umumkan Temuan 9 Planet Baru Mirip Bumi

TEMPO.CONew York - Ilmuwan dari Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) menemukan lebih dari 1.284 planet baru di luar tata surya kita. Dari total jumlah tersebut, hampir 550 bisa jadi adalah planet berbatu seperti bumi, berdasarkan ukuran mereka.
 
Sembilan planet di antaranya memiliki kondisi mirip bumi yang bisa dikatakan memiliki kemungkinan dapat menopang kehidupan. "Ini memberi kita harapan bahwa di suatu tempat di luar sana, di sekitar bintang seperti kita, kita akhirnya bisa menemukan bumi lain," kata Ellen Stofan, kepala ilmuwan di kantor pusat NASA, seperti dilansir New York Post pada 28 Agustus 2016.
 
Pengumuman itu menjadikan jumlah planet yang dikonfirmasi di luar tata surya menjadi 3.264. Sebagian besar kelompok planet yang disebut exoplanets ini terdeteksi teleskop Kepler milik NASA, yang menemukan planet layak huni seperti bumi. Planet baru ini diidentifikasi selama misi utama empat tahun Kepler, yang berakhir pada 2013, dan sebelumnya hanya dianggap sebagai “calon planet”.
 
Ilmuwan mengumumkan penemuan tunggal terbesar planet sejauh ini menggunakan teknik analisis baru dengan model statistik untuk mengkonfirmasi kelompok itu sebagai planet. "Berterima kasihlah kepada Kepler. Karena Kepler, kita sekarang tahu bahwa terdapat kemungkinan ada lebih banyak planet di galaksi kita ataupun di luar galaksi," ujar Direktur Astrofisika NASA Paul Hertz.
 
Pemberian nama Kepler ini bertujuan mengenang astronom pada zaman Renaissance, Johannes Kepler. Teleskop tersebut pertama kali diluncurkan pada 7 Maret 2009.


EmoticonEmoticon