Inilah Arti dari LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN

Dalam dunia teknologi, khususnya komputer atau laptop pasti memerlukan sebuah koneksi. Nah, hal tersebut itu banyak sekali ragamnya. Dan terkadang, tidak semua paham mengenai jaringan pada komputer.

Melalui artikel ini, Ane ingin memberikan pengertian tentang apa itu arti dari LAN, WAN, MAN, CAN, VPN, dan SAN. Sehingga, kamu mengerti apa perbedaan dari masing-masing itu semua.

 

 1. Apa Itu LAN atau Local Area Network?

1. apa itu lan
LAN adalah bentuk dari jaringan komputer yang sudah diketahui secara umum. Jaringan ini memiliki jangkauan yang terbatas, mungkin hanya sebatas satu rumah atau satu gedung. Maka dari itu, biasanya LAN menggunakan kabel ethernet yang tersambung ke komputer atau laptop.

2. Apa Itu HAN atau Home Area Network?

2. apa itu han
HAN merupakan sebuah jenis jaringan yang berada di area lokal. Semua perangkat seperti smartphone, komputer, laptop, perangkat IoT, televisi, konsol game, dam lain sebagainya terhubung dengan router pusat, baik kabel atau nirkabel yang ditempatkan dalam sebuah rumah.

3. Apa Itu WLAN atau Wireless LAN?

3. apa itu wlan
WLAN adalah jenis jaringan nirkabel untuk area lokal. Ini menggunakan teknologi WiFi yang didefinisikan sesuai dengan standar IEEE 802.11. Nah, kalau kamu berpikir WiFi dan WLAN itu sama, jawabannya SALAH. Sebab, WiFi itu digunakan untuk membuat jaringan nirkabel di area lokal.

4. Apa Itu PAN atau Personal Area Network?

4. apa itu pan
PAN adalah sebuah jaringan yang digunakan untuk personal dan memiliki rentan jarak sekitar 10 meter. Teknologi ini digunakan untuk membuat sebuah jaringan pribadi. Contoh yang konkret adalah Bluetooth yang biasa digunakan di smartphone, laptop, tablet, dan perangkat lainnya.

5. Apa Itu CAN atau Campus Area Network?

5. apa itu can
Sesuai dengan namanya, CAN adalah jaringan infrastruktur untuk meng-cover sekolah, universitas, atau korporasi lainnya yang bisa digeneralisasikan seperti kampus.

6. Apa Itu MAN atau Metropolitan Area Network?

6. apa itu man
MAN merupakan sebuah jaringan yang meng-cover area lebih besar daripada jaringan LAN atau CAN. Bahkan, MAN itu bisa digunakan untuk terhubung ke beberapa LAN sekaligus yang bisa menembus sebuah kota atau area metro yang luas.

7. Apa Itu WAN atau Wide Area Network?

7. apa itu wan
Dari namanya sudah jelas tersirat, WAN adalah jaringan yang mencakup area yang luas. Bahkan, cakupannya bisa mencapai rumah, kantor, kota, bahkan negara. Jadi, modem atau router yang terpasang dalam rumah kamu itu terkoneksi oleh WAN. Contohnya adalah 4G LTE, Fiber optic, dan lainnya.

8. Apa Itu SAN atau Storage Area Network?

8. apa itu san
Secara umum, SAN merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat penyimpanan melalui sebuah server. Sehingga, kamu bisa menggunakannya secara langsung. Teknologi ini juga biasa dikenal dengan Fiber Channel.

9. Apa Itu VPN atau Virtual Private Network?

9. apa itu vpn
VPN adalah sebuah jaringan komputer yang mana tidak memiliki wujud fisik. Teknologi akan membuat kamu terdeteksi di lokasi yang palsu, sehingga kamu bisa terhubung ke internet dengan alamat IP yang berbeda dengan perangkat yang kamu gunakan. Biasanya ini dilakukan oleh seorang hacker.


EmoticonEmoticon