Prediksi Juara Piala Asia 2023 Versi Opta: Indonesia Sangat Tipis

Jakarta, CNN Indonesia -- Super komputer milik Opta telah memberikan prediksi peluang juara Piala Asia 2023 yang terdiri dari 24 tim negara peserta.

Opta merupakan salah satu perusahaan statistik olahraga bergengsi di dunia. Data yang dikumpulkan dan diproses perusahaan ini kerap menjadi acuan penting.

Jelang Piala Asia 2023, Opta membuat prediksi kemampuan 24 tim peserta dalam perburuan gelar juara. Prediksi ini dibangun berdasarkan banyak sumber data termasuk prestasi masa lalu, kekuatan, performa tim, hingga tantangan di fase grup.

Jepang dinobatkan sebagai tim yang paling berpeluang meraih trofi Piala Asia 2023. Tim Samurai Biru mengantongi 24,6 persen diikuti Korea Selatan (14,3%), Iran (11,2%), Australia (10,7%), Arab Saudi (10,6%), dan Qatar (9,8%).

Sementara Timnas Indonesia berada di posisi buncit dibandingkan tim lain asal ASEAN. Bersama Malaysia, Indonesia hanya memiliki peluang juara sebesar 0,2 persen.

Vietnam mencapai persentase tertinggi dengan angka 0,5 persen dibuntuti Thailand yang hanya mengantongi 0,4 persen peluang juara.

Dari 24 kontestan yang lolos putaran final Piala Asia 2023, Indonesia berada di posisi ke-23. Tim Merah Putih berada satu tingkat di atas Hong Kong yang berada di posisi terbawah dengan 0,1 persen.

Kendati demikian, Asnawai Mangkualam dan kawan0kawan tetap berpeluang tampil mengejutkan. Tim arahan Shin Tae Yong berambisi lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia bakal mengawali perjuangan melawan Irak pada laga perdana Grup D pada 15 Januari mendatang. Setelah lawan Irak, pasukan Garuda akan bertemu Vietnam dan Jepang.


EmoticonEmoticon